Rabu, 18 Juli 2012

Ramadhan Tiba, Ramadhan Berkah

Assalammu'alaykum Warrahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, hingga detik ini kita masih diberi umur, untuk bertemu dengan tamu paling Istimewa sepanjang tahun, yaitu : Ramadhan. Bahagiakah kita akan kedatangannya ?
”Barangsiapa yang berbahagia dengan datangnya Ramadhan, Allah mengharamkan jasadnya terhadap api nereka.” (HR. Ahmad)

Hari ini adalah tanggal 29 Sya'ban 1433 H. Nanti sore akan dilakukan sidang isbat penentuan Hari Pertama Bulan Ramadhan 1433 H oleh pemerintah bersama MUI, NU, dsb. Ramadhan adalah bulan ke-9 dalam susunan bulan Hijriah (tahun islam). Persiapan kita sudah sejauh mana ya ? Rasulullah mengajarkan pada kita untuk senantiasa melakukan puasa Sunnah di bulan-bulan lainnya. Hingga tiba di bulan Sya'ban, Rasul akan lebih sering melakukan puasa Sunnah dalam persiapan menyambut Ramadhan. 


Ramadhan adalah bulan penuh maghfiroh (ampunan). Dibulan ini, Allah akan melipatgandakan amal perbuatan kita. Amalan Sunnah menjadi senilai dengan amalan Wajib. Amalan Wajib menjadi berkali-kali lipat hingga 700 kali.

Keistimewaan Ramadhan telah banyak di jabarkan dalam beberapa Hadits Shahih. salah satunya adalah : Hadis riwayat Abu Hurairah ra.: Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Apabila tiba bulan Ramadan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu neraka dan setan-setan dibelenggu. (Shahih Muslim No.1793)
Pada tanggal 17 Ramadhan, adalah hari dimana Rasul mendapatkan Wahyu Pertamanya, yaitu Surat Al-'alaq 1-5 di Gua Hiro. Selain itu, di Sepuluh malam terakhir pada tiap malam ganjilnya ada satu malam yang lebih baik dari 1000 bulan, yaitu lailatul Qadr.

Selain keutamaan diatas, pada bulan ini setiap insan yang bertakwa diuji untuk melatih kesabaran, Menjaga hawa nafsu. Kalau dari segi kesehatan, Ramadhan adalah waktu yang tepat bagi perut untuk istirahat. Istirahat dari aktivitas beratnya mengolah makanan.

Dibulan yang penuh kemuliaan ini, ada berkah tersendiri bagi orang-orang fakir & miskin serta anak-anak yatim. Karena akan banyak kegiatan amal, buka puasa bersama, bakti sosial, dan lainnya. Kita, sesama manusia jadi lebih dermawan, dan tentu saja, ini adalah berkahnya bulan Ramadhan, menjalin ukhuwah islamiyah. Melatih diri untuk tetap tawadhu', dan tolong menolong antar sesama manusia. 

Ramadhan tiba, dan penuh bekah. Mari kita sama-sama mengisi bulan ini dengan kegiatan yang bermanfaat. Puasa bukan berarti kita menjadi lemah, dan mengantuk. Puasa harusnya menjadikan kita pribadi yang lebih tangguh. Jangan lupa untuk pasang target, apa saja yang ingin kita capai dibulan ini. Semoga, kita semua berhasil membina diri dengan baik, agar menjadi kupu-kupu yang indah 11 bulan setelahnya.
aamiin allhaumma aamiin. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

blogger yang baik, selalu meninggalkan jejaknya ;)

my review on goodreads

Pukat (Serial Anak-anak Mamak, Buku 3)Pukat by Tere Liye
My rating: 5 of 5 stars

buku ini membuat saya begitu bergetar. mamak yang galak, tapi penuh cinta dan kasih sayang. bapak yang lembut, namun penuh ketegasan.
mereka adalah contoh orang tua yang baik dalam mendidik anak2nya.

jaman sekarang, masih nemu gak ya orangtua yang kaya mereka ? atau, anak-anak macam pukat ?

View all my reviews