Selasa, 18 September 2012

Bedanya sekolah sama kerja

My Dear Readers,

Tulisan ini sengaja gue buat saat tiba-tiba saja merasa kalo gue ini udah bukan anak-anak. i'm a worker, maaan, bukan lagi anak sekolah. (masih aja merasa muda karena umur gue masih 19, teenagers man !)

Dulu pas masih unyu-unyu (kata om Mario Tengsin) :  gue seorang pelajar, berusia 14 tahun masuk STM. Baru juga daftar, eh, udah bilang gini "eh, gue pengen banget cepet-cepet lulus sekolah !" dan waktu pun bergulir dengan cepat. jeng jeng.... gue pun lulus di tahun 2011.

Ceritanya sih, ini ada pertentangan batin gitu pas sekolah sama pas udah kerja (nyari duit sendiri). Ini sih berdasarkan pengalaman pribadi gue. Entah itu terjadi sama kalian atau gak. yang pasti sih, ini yang gue alamin. gue cm mau share, beneran, serius deh.

Ada beberapa alasan kenapa anak (gue) sekolah bosen sekolah :

1. Tugas Yang Buanyak.

Waktu sekolah, gue ngerasa klo sekolah itu neraka (agak lebay sih, biarinlah). Gimana gak? baru juga masuk,  tugas udah kaya antri sembako gratis. Pluk Pluk Pluk (itu bunyi apa ya ?) 
Dulu Gue pikir, apa itu guru kurang kerjaan ya ? Hoby banget siih ngasih tugas. Walopun dari guru yang berbeda2 namun tetap satu jua, tugas. Selamat tinggal hari leha-leha di sekolah.

2. Uang Jajan Terbatas

Pas sekolah kan gue kere abis... dikasih jajan 10rb sehari, harus hemat untuk menuhin kegiatan seharian. Alhamdulillah sih gak pernah nyolong makanan karena laper :P ) untung bawa bekal... yah lumayan deh. 
Apalagi hobby gue itu berkegiatan outdoor (baca : hiking). Dan gak murah kan ? yah, musti nabung tiap hari biar kebeli tuh barang buat keperluan hiking. Mungkin sih klo anak-anak lain (berasa tua) ada kebutuhan lainnya, disaat modem masih sejuta, mau beli HDD, mau ganti perangkat PC, mau beli Bluetooth adapter (itu dijaman gue, dijamanmu?) nah itu kudu nabung dulu, kudu sabar. Yang ini sih masih mending ya, gimana klo yang hobbynya nongkrong di mall? gue gak punya referensi, karena gak ngalamin tuh jadi ababil pecinta Mall. Ohiya, selain itu disekolah gue tuh banyak ya kegiatannnya. apalagi pas Ramadhan. Ampun deh ! hampir tiap hari bukber... ini bener2 menyita uang gue, sehingga dompet gw megap2 kaya ikan pari yang terdampar. Tapi ini masih mending Readers, duit kan tinggal minta. Lo gak perlu jualan sayur di tanah abang buat segenggam uang receh. *tring

3. Merasa Terkekang

Yang ini, gue bener2 ya pernah ngalamin. Sekolah itu kaya penjara maan... Sekolah gue tuh luas ya, tapi kan gak bisa bebas keluar masuk gitu aja. Tembok berdiri dengan kokohnya membatasi jiwa-jiwa yang ingin berlarian (dihutan aja kali ya klo mau puas?). Cobalah tengok anak-anak yang tawuran itu? itu jiwa-jiwa yang merindukan kebebasan, kebebasan mengekspresikan kemampuan diri. Sayangnya, dijalan yang salah. Aturan-aturan yang dibuat itu, jadi kebanyakan untuk dilanggar. Kan ada Motonya "aturan dibuat untuk dilanggar". Yah misal, gak boleh rambut gondrong. Masih aja ada yang sengaja rambutnya gondrong. Terus, Dilarang pakai sepatu selain warna hitam. ya tetep aja masih ada yang pakai warna putih. Alasannya luntur pas dijemur. 

Nah, perasaan terkekang ini kan bukan cuma di sekolah, tapi juga dirumah. Alhamdulillah sih, ibu gak terlalu maksain anaknya harus kaya gimana, ini nih yang bikin gue makin cinta ibu.. Love youu moooom :*

4. Ujian lagi, Remedial lagi.

"ahh.. besok ulangan Kimia coy. Lu tau kan matanya Bu ***#sensor jeli banget. Nengok dikit aja, udah kaya maling ayam langsung dimarahin" itu salah satu petikan wawancara seorang kawan yang frustasi mau ulangan kimia. Kenapa sih harus ada ujian lisan dan lain-lain klo akhirnya ujungnya, pelajaran itu terlupakan juga men. Akhirnya, ikut ujian itu cuma formalitas. Yang penting ngisi. Yang penting jawab. Itu kuasa Tuhan dan guru deh mau kasih nilai berapa.

5. Mata Pelajaran yang (Terlalu) Banyak

Coba lu buka lagi deh Rapor lu dari SD-SMA. Coba itung, berapa banyak Mapel yang harus dipelajari ?
SD = 9. SMP = 16. STM = 18. Itu gue ! dalam satu minggu, berapa jam bersekolah ? terus, otak kita dibagi-bagi dalam pelajaran itu. Lu bayangin, 1 guru 1 mapel. 1 guru 1 tugas. itu lah yang bikin mabok. Yaaa mau gak mau, suka gak suka ya harus sekolah. Dan yaah, kehidupan harus terus berlanjut *tring.
Gue jadi berpikir deh, sebenernya tujuan sekolah itu untuk apa ? biar pinter ? lu belajar matematika dari umur berapa ? gue sih dari umur 5, dimulai dari satu tambah satu samadengan dua. sekarang umur gue 19, lah udah 14 tahun gue kenal, gue belajar, tapi gak jago2 juga tuh matematikanya. Standar aja. gak Excellent, atau malah seharusnya gue udah nemuin rumus sendiri ya ? *plak !

6. Iri sama Kakak kelas yang Udah mapan

Readers, sekolah gue itu 4 tahun. Yak, empat tahun.  Tiga tahun di kandang, satu tahun di industri. Setiap ngeliat anak kelas 4 yang main kesekolah, pasti terbetik dalam hati "wuih, keren. Bisa gondrong" atau "ah, enaknya bisa bebas" atau lagi "enak ya, nyari duit sendiri bisa bebas beli apa aja".  Ini konyol, gue jadi pengen cepet2 lulus biar bisa punya duit sendiri.


Bayangan sama kenyataan itu gak bener. Ternyata, apa yang gue bayangin dulu klo kerja itu enak, punya duit, bebas, gak  bener, gak salah juga. Iya, memang dunia kerja itu :

1. Bebas

Bebas, mau masuk kerja atau gak. Mau masuk jam 8 atau jam 9. Bebas, mau pakai baju warna apaaa aja. Bebas, mau pakai sepatu model apaa aja. Yang asyik buat anak STM sih, bebas gondrongin rambut semanaaa aja. Bebas kan? tapi, apapun yang lo lakuin ditempat kerja, ya itu tanggung jawab lo. Waktu lo sekolah dulu, ya orangtua lo yang tanggung jawab. Masih bisa ngemis2 ke guru BP, sambil berjanji gak akan melakukan kesalahan yang sama. Terus, pake drama nyokap lo nangis2 bilang klo lo bisa berubah. Ditempat kerja ? Hello, welcome to the real life. Anda tidak tunduk pada aturan, silakan pergi dari tempat ini. Masih banyak kok yang mau kerja disini. Damn... :|


2. Selamat Datang Hari Gajian

Hari yang paling ditunggu setiap bulan itu, apalagi klo bukan hari gajian. Itu artinya hari terakhir dalam tiap bulannya. Rasanya, Dag-dig-dug-Darrr ! iyalah gimana gak deg-degan ? 1 hari sebelum gajian itu, didompet cuma ada uang semata wayang, duit 10ribuan. Kalo lagi hemat, masih ada 50ribuan. *dan itu jarang sekali terjadi (~.~).
Asyik ya, gajian, punya uang. Bisa beli apa aja. Readers, emang betul kok kalo punya duit sendiri, ya terserah dong ya mau beli apa aja. Tapi harus inget, hari itu akan terus berlanjut gak cuma hari ini aja. Masih ada 30 hari kedepan, artinya, pandai-pandai lah mengatur keuangan. Udah kerja sih bukannya Hepi-hepi aja. tapi , PUSING. ya pusing. Kitalah : sang manajer untuk diri kita sendiri. ingat itu.


3. Selamat Datang Cuti

Hak yang boleh kita ambil sesuka hati ya, cuti. ini juga ada batasannya loh. Jatahnya cuma 12 hari dalam 1 tahun. Artinya, cuma punya hak 1 hari untuk Cuti selama 1 bulan. Ini nih yang bedain orang kerja sama anak sekolah. Dulu pas masih sekolah, gue seneng amat kalau dapet libur, atau menyengajakan libur. Tapi sayang betul rasanya kalau harus gak masuk karena hobby gue. Hiking. Yap, hobby gue yang atu ini, sangat tergantung sama jadwal supir Bus yang mau ngangkut gue sama temen2. Gue tetep pengen sekolah, tapi gue juga gak pengen kelewatan moment untuk nanjak. Dengan segenap kemampuan gue, gue akan tetap sekolah sekalipun nyampe rumah jam 4 pagi. Sekarang udah kerja, Alhamdulillah ada yang namanya Hak Cuti Tahunan. Gue bisa mutusin, kapan timing yang tepat untuk hiking, sekaligus ambil cuti. enak kan ? hehehe

Bedanya anak sekolah sama kerja udah jelas kan ? Kalau Readers cerdas, udah dapet kesimpulan. Tanggung Jawab. Udah kerja apapun yang kita lakuin itu udah diri sendiri yang tanggung. Dengan resiko : Dimarahi bos, potong gaji, bahkan, dipecat yang lebih parah di-Black List sama perusahana itu. Further impact, adalah kemajuan pada diri kita sendiri. Udah kerja, harusnya kita bisa lebih bertanggung jawab sama kerjaan (sekalipun gue masih banyak mainnya nih di kantor, hehehe). Secara gitu yah kita kan dibayar, dan pastinya perusahaan itu menuntut kemampuan kita sesuai dengan bayaran yang kita terima.

Kalau ada pertanyaan "Cy, kamu mau puter waktu ke masa kapan ?" Firmly, i'll say "bring me back to my school age, please" *muka melas
Kenapa ? Lagunya om Oddie Agam juga udah bilang "masa-masa paling indah, masa-masa disekolah". Masa Sekolah itu indah. Selalu indah untuk dikenang. Sekalipun pernah dijemur sekelas bersama karena gak patuh, Sekalipun pernah dijewer guru, Sekalipun pernah disetrap depan kelas, sekalipun pernah manjat pagar sekolah demi bunga matahari, sekalipun pernah dimarah-marahi, sekalipun pernah diejek sama satu angkatan, sekalipun tugasnya banyak, sekalipun PRnya banyak, sekalipun sering banget Ulangan harian.... (silakan tambah sendiri)

Tapi masa sekolah memang lebih indah, sayang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

blogger yang baik, selalu meninggalkan jejaknya ;)

my review on goodreads

Pukat (Serial Anak-anak Mamak, Buku 3)Pukat by Tere Liye
My rating: 5 of 5 stars

buku ini membuat saya begitu bergetar. mamak yang galak, tapi penuh cinta dan kasih sayang. bapak yang lembut, namun penuh ketegasan.
mereka adalah contoh orang tua yang baik dalam mendidik anak2nya.

jaman sekarang, masih nemu gak ya orangtua yang kaya mereka ? atau, anak-anak macam pukat ?

View all my reviews